• SMAN 1 PEGANDON
  • Rintisan Sekolah Penggerak

Karnaval HUT ke-78 RI Kecamatan Pegandon

Bulan Agustus merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia karena peringatan kemerdekaan Indonesia jatuh pada bulan tersebut. Masih dengan semarak memperingati HUT ke-78 RI, Kecamatan Pegandon menggelar karnaval yang setiap tahunnya dilaksanakan. Karnaval yang telah dinanti oleh masyarakat setempat ini dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2023. Pada pukul 13.40, acara ini dengan resmi dibuka oleh Pak Camat Kecamatan Pegandon. Seketika jalanan Desa Puguh yang merupakan garis start karnaval ramai oleh suara riuh masyarakat setempat yang telah berkumpul untuk menyaksikan karnaval. Para peserta yang terdiri dari siswa sekolah, mahasiswa, hingga warga desa biasa turut unjuk kreativitas dalam segi pakaian maupun pertunjukan.

Acara karnaval tahun ini digelar dengan tiga titik berbeda, yaitu di taman Desa Margomulyo untuk TK, lapangan Desa Puguh untuk SD/sederajat, dan lapangan Desa Dawungsari untuk SMA/SMK/sederajat serta masyarakat umum. Garis akhir atau finish dari karnaval tersebut di depan kantor Kecamatan Pegandon. Pada lapangan Desa Puguh sendiri, siswa siswi Sekolah Dasar seluruh Kecamatan Pegandon menampilkan berbagai kostum dan pertunjukan yang menarik. Di mulai dari SD Negeri 1 Puguh pada urutan pertama dengan kesenian Barongan dan Dawangan yang merupakan kesenian khas Jawa Tengah. Dilanjut oleh Sekolah Dasar yang lain dengan kreativitasnya, banyak pula sekolah dasar yang menampilkan drumb band, paskibra, serta barisan yang menampilkan berbagai pakaian adat Indonesia. Tak mau kalah dengan siswa, guru-guru sekolah dasar pun turut meramaikan karnaval dengan kostum-kostum lucu yang mengundang gelak tawa penonton. Seperti guru dengan kostum shaun the sheep dan kostum seperti ibu-ibu yang sedang menggendong anak. Di samping itu kostum-kostum kreatif yang terbuat dari limbah kantung plastik pun turut diperlihatkan.

Tak jauh beda dengan lapangan Desa Puguh, taman Desa Margomulyo dipenuhi dengan siswa-siswi taman kanak-kanak yang tak mau kalah dengan menunjukkan kostum-kostum lucu mereka. Sementara itu, di titik ketiga yaitu Lapangan Desa Dawungsarari peserta karnaval lebih kreatif dari dua titik sebelumnya. Tak heran karena merupakan tempat titik kumpul siswa SMA, mahasiswa, dan warga desa yang pastinya lebih kreatif dan unik. Seperti SMA Negeri 1 Pegandon, menampilkan barisan ekstrakulikuler dan organisasinya. Dimulai dari paskibra, voli, futsal, silat, PMR, pramuka, rohis, cinematography, karawitan serta OSIS dan MPK. Sejumlah bakat dan prestasi ditunjukkan oleh masing-masing ekstrakulikuler dan organisasi. Selain sekolah menengah dan mahasiswa, Puskemas Kecamatan Pegandon turut mengikuti karnaval ini dengan Kampanye-kampanye kesehatan yang dikemas dengan kostum serta poster-poster lucu. Beberapa desa di Kecamatan Pegandon juga memeriahkan karnaval ini seperti Desa Margomulyo dan Desa Pesawahan.

Kegiatan karnaval tahun ini berlangsung meriah. Terik matahari tidak melunturkan semangat peserta untuk memeriahkan peringatan HUT ke-78 RI ini. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini akan membangun jiwa nasionalisme pada diri seluruh warga Kecamatan Pegandon serta merayakan kemerdekaan yang sudah 78 tahun diraih oleh Bangsa Indonesia dan tak lupa sebagai bentuk penghargaan kepada pejuang-pejuang kemerdekaan Indonesia. Semoga di tahun ke-78 kemerdekaan ini, Negara Indonesia semakin maju dan sejahtera. Merdeka!!

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Asesmen Sumatif Akhir Jenjang Kelas XII Tahun 2024
26/03/2024 09:13 WIB - Administrator
Sekolah Mengikuti OSNK Tahun 2024
26/03/2024 08:15 WIB - Administrator
SMANSAPEGA JUARA
17/10/2023 09:41 WIB - Eko P.
Puncak MPLS SMA Negeri 1 Pegandon Tahun 2023
20/07/2023 10:20 WIB - Administrator
MPLS di SMA Negeri 1 Pegandon
17/07/2023 10:15 WIB - Administrator
Hasil Seleksi PPDB SMA 1 Pegandon
01/07/2023 19:56 WIB - Administrator
Pengumuman Kelulusan Siswa Tahun 2023
03/05/2023 14:44 WIB - Administrator
Kunjungan Dinas dari SMA Negeri Petungkriyono
02/02/2023 10:45 WIB - Administrator
GELAR KARYA PROJEK 1 TAHUN 2022
20/09/2022 13:45 WIB - Eko P.