Publikasi Best Practice Pemanfaatan LMS Moodle Pada Masa Pandemi Sebagai Media Pembelajaran Informatika di SMA Negeri 1 Pegandon Tahun Ajaran 2021/2022
Pandemi Covid-19 banyak memberikan pelajaran bagi para guru tentang pentingnya penggunaan teknologi komunikasi dalam proses belajar mengajar. Pada Pelajaran Jarak Jauh (PJJ), guru dan siswa dipaksa untuk melek terhadap teknologi dan mampu menggunakannya dalam kegiatan pembelajaran. Pembelajaran online telah memaksa dunia pendidikan beradaptasi dengan teknologi komunikasi serta platform digital.
Pembelajaran menggunakan Learning Management System Moodle sebagai media pembelajaran diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada. Penulis yakin penggunaan media ini menjadi salah satu upaya kreatif dan ideal diterapkan pada masa pandemi ini. Lebih lanjut pemanfaatan media pembelajaran ini bisa menjadi alternatif pembelajaran yang dapat mengikuti jaman dan dapat dilaksanakan dimana saja, kapan saja dan dengan siapa saja.
Berdasarkan hasil penelitian dan observasi bahwa LMS moodle dapat digunakan sebagai media pembelajaran informatika yang mana kreativitas dan keaktifan siswa dapat tumbuh dengan baik, 63,9% siswa menyatakan sangat senang dengan media pembelajaran LMS moodle. Sementara itu, sebanyak 66,7% siswa menyatakan sangat terbantu memahami materi dengan media pembelajaran ini, dan juga dapat meningkatkan partisipasi mereka dalam proses pembelajaran. Dilihat dari apakah media pembelajaran LMS moodle dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam diskusi dan menjawab pertanyaan, didapat bahwa sebagian besar siswa (66,7%) merasa kepercayaan diri mereka dapat meningkat.
Widodo Ponco Sugiharto, S. Kom NUPTK : 1051757658200023 Guru Informatika |
Kata kunci: Covid-19, LMS MOODLE, PJJ